Kamis, 03 Februari 2011

Bahan Ajar : Melakukan Komunikasi Bisnis - spektrum 2010

Pelajaran Kejuruan
Program Keahlian Pemasaran dan Akutansi

oleh : Drs. Pondang Manurung
Guru SMK Negeri 6 Medan

Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi Penerima Pesan


A. Ruang Lingkup dan Pengertian Komunikasi

Dalam kegiatan setiap mahluk hidup di dunia ini sangat diperlukan adanya komunikasi. Terlebih dalam kehidupan manusia, komunikasi merupakan hal yang sangat fundamental. Manusia setiap saat memerlukan hubungan satu dengan yang lain, baik kepada sesama manusia, terhadap binatang dan bahkan terhadap ciptaan manusia dan alam semesta.
Manusia sebagai mahluk sosial, senantiasa berkeinginan melakukan interaksi dengan lingkungannya. Sebab dirinya selalu berkeinginan untuk mengetahui dan memahami sesuatu dalam menentukan sikap sehari-hari. Demikian menurut Prof. Wilbur Schramm dalam Cangara ( 2004 : 1 ) menguraikan bahwa manusia tanpa berkomunikasi, tidak mungkin terbentuk suatu tatanan bermasyarakat.

Dengan berkomunikasi setiap orang dapat memberi pengaruh kepada orang lain untuk tujuan tertentu. Jadi komunikasi yang baik harus memberi pengaruh secara timbal balik agar maksud dan tujuan dapat tercapai. Sebagai contoh, seorang dokter akan mensugesti pasien dengan meminta keterangan dari pasien, sehingga dokter dapat lebih mudah memberi pengaruh untuk menyarankan kepada pasien agar mengkonsumsi obat. Tujuannya adalah supaya pasien memperoleh kesembuhan. Demikian pula dengan para pengusaha yang senantiasa bersaing dengan rekan pengusaha lain. Para pengusaha harus selalu membangun komnikasi dengan para calon pelanggan. Usaha tersebut dilakukan untuk mempengaruhi calon pelanggan agar mau membeli sesuai dengan kebutuhan. Demikian pentingnya komunikasi bagi manusia.
Istilah komunikasi berawal dari bahasa latin ( Yunani ) yaitu Communis yang diartikan membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih ( Sutrisna Dewi, 2006 :2 )
Dalam buku Sutrisna Dewi ( 2006 : 2 ) Everent M. Rogers (AS) memberikan definisi komunikasi adalah suatu proses di mana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi terhadap satu sama lain yang pada gilirannya akan tiba kepada saling pengertian. (Rogers dan Kincaid : Cangara, 2004 :19)
Concixe Oxford Dictionary mendefinisikan arti komunikasi adalah sebagai memberitahu ( to inpart ), meneruskan ( to transit ), atau berbagai ( to share ). Jadi komunikasi yang efektif lebih banyak bergantung pada sikap pengirim untuk mendekati penerima pesan dari seorang pengirim pesan dengan cara berbicara di depan umum ( Bisnis Informasi, 1993 :2 ).
Murphy ( 1957 ) menafsirkan pengertian komunikasi seperti berikut communocation is the whole proses used in reaching outher minds. Artinya komunikasi adalah sekuruh proses yang diperlukan uuntuk mencapai pikiran-pikiran yang dikamsud oleh orang lain.( Etika Komunikai Kantor, 1987 : 31 ).Para sarjana komunikasi mengartikan bahwa komunikai adalah suatu petukaran proses simbolik yang menghendaki orong-orang agar mengatur lingkunganya dengan membangun hubungan antarsesama manusia melalui pertukaran informasi untuk menguatkan sikap dan tiungkah laku orang lain serta berusaha mengubah sikap dan tingkah laku itu ( Book dalam cangara, 2004 )
Dari berbagai kutipan akan pengertian komunikasi diatas pad umumnya menjelaskan tentang adanya interaksi atau hubungan yang dibangun secara sadar melalui suatu proses pertukaran informasi dan dilakukan antara pemberi dan penerima informasi ( pelaku ). Pesan yang diberikan itu dilakukan secara simbolik menurut aturan yang normal dan dapat diketahui oleh pemberi dan penerima pesan. .......................  dst


Ingat !!!!!!!!!!!!!!
Kompetensi dasar ini dilengkapi dengan Sub Kompetensi Dasar :

A. Ruang Lingkup dan Pengertian Komunikasi ( 1 )
B. Proses dan Unsur Komunikasi ( 2 )
C. Bentuk Dasar Komunikasi ( 3 )
D. Macam Fungsi Komunikasi ( 4 )
E. Efektivitas Berkomunikasi ( 5 )
F. Hambatan Dalam Berkomunikasi ( 6 )

Donasi Rp 30.000,00

mmaspon@yahoo.co.id
mmaspon@Gmail.com
__________________________________________________________________

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar